4 GERAKAN DALAM SHALAT YANG DAPAT MEMBERIKAN KESEHATAN PADA TUBUH

Sholat adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan minimal lima waktu dalam sehari oleh setiap umat muslim dimanapun dia berada.
Fungsi utama sholat adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah dan sekaligus menjalankan perintahnya. Dengan melakukan sholat juga mampu membuat orang yang menjalankannya jadi lebih tenang dan sabar.
Namun selain itu gerakan-gerakan yang dilakukan juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, berikut adalah penjelasan tentang manfaat gerakan sholat untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir laman Boldsky.
Niat
Niat adalah tahap awal dalam melakukan sholat, niat dilakukan dengan berdiri tegak lalu kemudian menempatkan kedua belah tangan diatas dada, hal tersebut membuat pikiran hanya fokus kepada Allah SWT. Ini bisa membersihkan pikiran dari bermacam hal-hal buruk. Bukan hanya itu saja, gerakan ini juga bisa menguatkan fungsi hati dan paru-paru serta bisa memperlancar sirkulasi darah dalam butuh.
Ruku’
Ruku adalah posisi yang dilakukan dengan membungkukan badan lalu meletakan kedua tangan dilutut, gerakan ini bisa membantu meringankan sakit pinggang, posisi ruku’ juga bisa membantu untuk meningkatkan fleksibilitas bahu, siku, lutut, serta bisa memperbaiki masalah pencernaan.
Sujud
Setelah ruku, dan berdiri, selanjutnya adalah sujud. Gerakan sujud yaitu meletakan kening dilantai, posisi seperti itu bermanfaat untuk menyembuhkan migrain, selain itu dengan posisi sujud maka sirkulasi darah yang lancar ke otak mampu meningkatkan fungsi otak. Gerakan sujud juga bisa mengaktifkan semua kelenjar yang ada dalam tubuh yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan,
Salam
Memberi salam adalah gerakan penutup yang dilakukan ketika sholat, gerakan ini dilakukan dengan menoleh ke kiri dan ke kanan, hal tersebut akan mengurangi masalah pada leher. Gerakan memberi salam juga bisa melemaskan otot punggung atas serta leher.
Ternyata banyak sekali manfaat sholat bagi kesehatan tubuh, jadi makin giatlah sholat agar mendapatkan banyak keuntungan selain pahala saja.
sumber:pediaku.com
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "4 GERAKAN DALAM SHALAT YANG DAPAT MEMBERIKAN KESEHATAN PADA TUBUH"